Tuesday, February 1, 2011

Game spaceship PART 2

·

Sekarang kita masuk pada tahap ke-2, yaitu membuatnya menembak peluru.

Langkah 1. Menggambar peluru.
Buatlah sebuah gambar seperti di bawah:

Jika sudah tekan F8, ganti name: bullet type: movie clip.Tekan ctrl + L untuk membuka library, pastikan bullet ada pada library tersebut.

Langkah 2. Me-linkan bullet.
Di library klik kanan pada bullet. lalu pilih “Linkage…” (or “Properties…” jika kamu menggunakan Adobe Flash CS4 atau diatasnya).
Lakukan seperti tampak pada gambar.
Langkah 3. Coding
Pilih spaceship dan tekan F9(pastikan script pada part 1 ada) lalu masukkan kode berikut di bagian bawah yang kosong.    
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
onClipEvent(load){
 timer = 0;
 i = 0;
}
 
onClipEvent(enterFrame){
 if(timer > 0){
  timer--;
 }
 
  
 if(Key.isDown(Key.SPACE)){
  if(timer == 0){
   _root.attachMovie("bullet", "bullet"+i, _root.getNextHighestDepth());
   _root["bullet"+i]._x = _x;
   _root["bullet"+i]._y = _y-20;
 
   _root["bullet"+i].onEnterFrame = function(){
    this._y -= 45;
    if(this._y < -30){
     this.removeMovieClip();
    }
   }
 
   i++;
   timer = 20;
  }
 }
}
Ya Allah ribet banget..., tenang aja ada penjelasannya ane persingkat nih:


this._y -= 45
Pada kode ini, jika kamu mengganti y menjadi x, maka peluru akan bergerak ke sam-
ping, jika "-" diganti "+",maka akan berlawanan arah, sedangkan "45" menandakan 
kecepatan peluru.  



Part 2 telah selesai.
Jika belum ngerti download aja file yang sudah jadi:
SPACESHIP PART 2
source: www.tutorialized.com

POSTING favorit