Tuesday, February 1, 2011

Game spaceship PART 3

·

Pada tahap ini kita akan membuat musuh dari spaceship.
Langkah 1. Membuat musuh
Buatlah sebuah gambar seperti berikut:

Jika sudah, tekan F8 lalu name: enemy type: movie clip. 
Tekan ctrl + L untuk membuka library, pastikan enemy ada pada library tersebut.

Langkah 2. Me-linkan enemy
Di library klik kanan pada enemy. lalu pilih “Linkage…” (or “Properties…” jika kamu menggunakan Adobe Flash CS4 atau diatasnya).
Lakukan seperti pada gambar:
Langkah 3. Coding part 1
Ini mungkin kode tersulit pada pembelajaran ini, jadi perhatikanlah baik-baik.
Kita akan membuat kode di stage, jadi klik stage kosong lalu tekan F9, dan masukkan kode berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
i = 0;
enemies = [];

spawnEnemy = function(){
 _root.attachMovie("enemy", "enemy"+i, _root.getNextHighestDepth());
 _root["enemy"+i]._x = random(Stage.width);
 _root["enemy"+i]._y = 0;
 enemies.push("enemy"+i);
 
 _root["enemy"+i].onEnterFrame = function(){
  this._y += 3;
  if(this._y > Stage.height){
   for(e = 0; e < _root.enemies.length; e++){
    if(_root.enemies[e] == this._name){
     _root.enemies.splice(e, 1);
    }
   }
   
   this.removeMovieClip();
  }
 }
 
 i++;
}

enemy_interval = setInterval(spawnEnemy, 2000);
Pada kode ini, kita akan melihat munculnya enemy untuk melawan spaceship kita.

Langkah 4. Coding part 2
Klik spaceship lalu tekan F9 dan masukkan kode berikut:

1
2
3
4
5
6
_root["bullet"+i].onEnterFrame = function(){
 this._y -= 10;
 if(this._y < -30){
  this.removeMovieClip();
 }
}
Replace kode diatas dengan kode berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
_root["bullet"+i].onEnterFrame = function(){
                this._y -= 10;
                if(this._y < -30){
                    this.removeMovieClip();
                }
               
                for(k = 0; k < _root.enemies.length; k++){
                    if(this.hitTest(_root[_root.enemies[k]])){
                        this.removeMovieClip();
                        _root[_root.enemies[k]].removeMovieClip();
                        _root.enemies.splice(k, 1);
                    }
                }
            }
Kode ini berguna agar, ketika spaceship kita menembak dan mengenai musuh, maka musuh tersebut akan hancur.

Part 3 telah selesai.
Jika belum mengerti download saja file yang sudah jadi:
SPACESHIP PART 3
source: www.tutorialized.com

0 comments:

POSTING favorit